Tips Memilih Template Untuk Blog Anda

Tips memilih template blogger - Saat ini ada banyak desainer template blogspot, sebagian dari mereka adalah desainer-desainer profesional dan sebagian lagi mungkin saja amatir. Umumnya setiap blogger menyukai template blogger yang berbasis premium karena template blogspot premium memiliki jaminan garansi dalam waktu tertentu.

Oleh karena itu disini saya akan memaparkan beberapa ciri template blogger yang memiliki kualitas yang baik dan layak untuk anda digunakan. Template blog yang bagus yang saya maksud tidak hanya dilihat dari sisi design dan fitur yang disediakan melainkan template yang memiliki performa , seo dan flexibilitas yang tinggi.

Sebelum saya sebutkan satu-persatu ciri template blogspot yang bagus itu mari simak terlebih dahulu aturan atau pedoman dalam memilih template untuk blog berikut ini.

Tips Memilih Template Blogspot

Sedikitnya ada 6 poin penting yang harus dihindari sebelum memilih atau membeli template blogspot untuk blog anda.
  1. Jangan tergiur dengan spesifikasi dan testimoni
  2. Jangan tertipu dengan label premium, seo dan sebagainya
  3. Jangan tertipu oleh tampilan, efek animasi dll
  4. Periksa kebenaran spesifikasi template yang dipilih
  5. Pastikan template sesuai untuk blog anda
Kenapa harus demikian? Tingginya persaingan pasar template blogspot sangat memungkinkan untuk desainer template blogspot memanipulasi merek, testimoni, spesikasi dan lainnya.

Maka dari itu saya sarankan untuk memeriksa sendiri kebenaran template berdasrkan 8 ciri template blogspot yang bagus dan seo friendly pada penjelasan berikut ini.

8 Ciri Template Blog Yang Bagus

8 Ciri Template Blogspot Berkualitas

1. Responsive

Template blogspot yang bagus harus dapat menyesuaikan di semua ukuran layar, mulai dari dekstop, table dan yang paling penting responsive di layar smartphone karena desain template yang responsive akan mempengaruhi reputasi blog di mesin pencari dan pengalaman pengguna blog anda kedepanya.

Setiap halaman, elemen dan fitur template harus responsive, table, gambar, widget dan sebagainya harus bisa menyesuaikan lebar di semua ukuran layar dan browser.

Untuk mengetahui apakah template blogspot yang kamu pilih responsive atau tidak, gunakan alat penguji desain responsif (Responsive Tester) berikut di bawah ini.
  • Responsive Design Checker
  • Am I Responsive
  • Responsinator
  • Screenfly
Atau jika kamu punya komputer (Laptop atau PC) test responsive template dengan menggunakan browser google chrome untuk memastikan template blogspot tersebut benar-benar responsive, caranya sebagi berikut:
  1. Buka demo template di browser google chrome
  2. Tekan ctrl + shift + i atau arahkan mouse ke halaman kemudian klik kanan
  3. Pilih inspect elements
  4. Disamping kiri klik icon smartphone (Toggle device toolbar)
  5. Dan test responsive setiap halaman berdasarkan type device dengan rasio zoom 100%
Test responsive

2. Mobile Friendly

Template responsive belum tentu mobile friendly, template blogspot yang mobile friendly harus memiliki jarak pandang (viewport) yang benar, jika tidak template blogspot tersebut mungkin sudah kuno atau tidak dirancang secara profesional dan tentu saja itu akan memberikan pengalaman pengguna yang buruk di blog anda.

Untuk mengetahui secara jelas apakah template blogspot tersebut mobile friendly (ramah seluler) gunakan mobile friendly tester dari google karena satu-satunya tool atau alat penguji mobile friendly yang bisa dipercara adalah mobile friendly tester by google.

3. SEO Friendly

Template blogspot yang seo friendly maksudnya adalah ramah mesin pencari, seo pada template blogspot mencakup beberapa hal mulai dari tag meta, heading tag dan lain sebagainya.

Untuk pemula mungkin ini sulit saya jelaskan secara mendalam disini tapi kamu bisa menguji template dengan tool web.dev measure untuk memastikan template blogspot tersebut seo friendly.

Tool measure dari web.dev menganalisa mekanisme (coding) yang ada pada template blogspot anda mulai dari html, css, plugis, javascript hingga atribut pada markup template.

Maka dari dari itu pastikan dipengujian web.dev measure template blogspot/blogger yang kamu pilih mendapatkan scor tinggi yakni 90 ke atas.

4. PageSpeed yang optimal

PageSpeed atau kecepatan halaman juga harus dipertimbangkan, minimal harus mencapai scrore 90 ke-atas di pengujian PageSpeed Insights. Dalam hal kecepatan atau pagespeed template beberapa desainer template blogspot memang tidak mengoptimalkannya 100% seperti templateify misalnya, rata-rata template blogspot dari templateify adalah tempalte yang bagus, seo friendly dan mobile friendly.

Tetapi untuk pagespeednya kamu harus mengoptimalkan-nya sendiri dan biasaya jika kecepatan muat halaman (pagespeed) templateify bisa mencapai score 100% jika dioptimalkan.

Saya tidak tahu secara pasti mengapa templateify tidak mengoptimasi demo template nya, tetapi dari analisa saya templateify konsisten menerapkan pengkodean yang terbaik di semua template blogspotnya dengan script original sehingga bisa dibilang bukan hal sulit untuk mengoptimalkan pagespeed template blogspot dari templateify.

Ikuti tutorial-tutorial PageSpeed Insights berikut ini:

5. Memiliki aksesibilitas yang baik

Template blogspot yang bagus harus memiliki standar aksesibilitas yang bagus pula, google sangat merekomendasikan pengoptimalan aksesibilitas template karena yang paling mempengaruhi pengalaman pengguna (user experience) adalah masalah aksesibilitas. Jika ingin blog anda disukai google pilihlah template yang memiliki aksesibilitas tinggi.

Aksesibilitas mencakup beberapa hal sedikitnya ada 40 lebih poin-poin yang mempengaruhi aksesibilitas template yang terpenting diantaranya: Untuk memastikan template blogspot memiliki aksesibilitas yang bagus, uji template blogspot menggunakan web.dev measure kemudian lihat hasil analisa template yang ditampilkan web.dev measure. Jika kurang optimal silahkan lihat panduan mengoptimalkan aksesibilitas.

6. Memiliki data terstruktur (schema markup)

Kenapa template blogspot yang bagus harus memiliki data terstruktur? Karena mesin pencari seperti google dan bing bekerja keras untuk memahami isi sebuah halaman blog. Untuk membantu mesin pencari template blogspot harus memiliki data tersetruktur (schema markup) agar mesin pencari dapat memahami secara eksplisit tentang arti dan isi halaman blog.

Data terstruktur standar yang harus ada di dalam markup template adalah data terstruktur Article atau BlogPosting atau NewsArticle. Satu diantara 3 data terstruktur harus ada pada markup template blogspot dan format data terstruktur yang didukung adalah:
  • JSON-LD (direkomendasikan)
  • Microdata, dan
  • RDFa
Untuk memastikan apakah template blogspot anda memiliki data terstruktur atau schema markup, uji halaman konten blog menggunakan alat pengujian data terstruktur dari google.

7. Menggunakan script original

Pengkodean javascript yang digunakan pada desain template blogspot harus bahasa script original, beberapa desainer meng-encode script template mereka untuk menjaga karya intelektual mereka.

Bagi mereka (desainer) script yang di-encode itu bagus, tetapi untuk pengguna itu sangat buruk apalagi untuk jangka panjang, karena teknologi diperwebsitetan selalu berubah dan tentu saja akan sulit untuk memodifikasi script yang di-encode.

8. Desain simple dan mudah dipahami

Template blogspot yang bagus harusnya mudah dipahami oleh pengguna, meskipun demikian bukan berarti template yang simple tidak memiliki fitur apapun.

Desain simple yang saya maksud disini adalah, navigasi, tata letak dan layout yang mudah dipahami atau tidak membingungkan pengunjung blog anda nantinya.

Kesimpulan

Dalam memilih template blog, desain yang bagus dan sesuai dengan situs blog memang diutamakan, meskinpun demikian desain template yang bagus tidak artinya jika tidak didukung dengan struktur yang bagus.

Maka dari itu pastikan template pilihan anda memiliki semua 8 poin yang telah saya sebutkan di atas, supaya blog juga tidak hanya bagus dilihat, melainkan juga bagus performanya di mesin pencari.

Akhir kata semoga artikel ini dapat menjadi referensi dalam memilih template blogspot (blogger). Terimakasih telah berkunjung, semoga sukses dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama